Tarian Bugil dan Alam Semesta

Sekitar dua menit seb elum saya menulis ini saya membuka sebuah blog seorang teman yang menuliskan kisah keseronokan penyanyi yang sempat gencar dan menguncang disalah satu kota di Indonesia ini. Bukan kisah itu yang ingin saya komentari justru komentar dari tulisan itu yang ingin saya komentari.

Pertunjukan itu sudah berlangsung lama saya nggak tahu apakah saat ini masih berlangsung apa tidak tapi yang jelas cukup heboh di negeri kita. Kala itu banyak ponsel yang mendownload pegelaran penuh tepukan tangan setan. Yang diiringi tertawanya iblis dan ahli neraka lainnya.

Yang membuat saya ingin menulis ini adalah adakah kaitannya antara berbagai kegiatan yang dilakukan mereka-mereka yang bertindak dalam kekufuran dengan kejadian kejadian alam yang sering terjadi belakangan ini…???

Dari tulisan tersebut saya baca beberapa komentar yang keras menentang pertunjukan itu namun tidak sedikit yang justru menetang kala pertunjukan itu dilarang.

Kembali mengingat tulisan saya sebelumnya yang bertajuk Alam Semesta dan Mahluk yang Bernama Manusia. Dimana dijelaskan disana bahwa ketidak seimbangan hubungan antara manusia dan alam adalah karena ulah manusia yang sebagian yang kata Allah telah ditetapkan azab bagi mereka. Dan alhasil sebagian yang lain akan menerima akibat dari perbuatan dari sisi gelap yang lainnya.

Apa kaitannya antara tontonan tarian dalam konser itu dengan alam. tentu sangat erat kaitannya. Dengan adanya tontonan yang sudah menjurus ke perbuatan maksiat. Adalah satu cerminan buruk kelakuan manusia. Dikala pohon-pohon, gunung-gunung, laut, langit, matahari, bulan, bintang dan semua mahluk ciptaan Allah berdzikir kepada Allah SWT, sebagian manusia berbuat maksiat. Adakah kita tahu apa yang didoakan mereka atas kita sebagai mahluk tuhan yang lain..?

Alam tidak akan menjadi monster menakutkan tatkala yang ada didalamnya tidak menimbulkannya untuk menjadi monster itu. Namun alam jauh akan lebih dari sekedar Monster yang mampumeluluh lantakkan seisi jagad ini jikalau manusia terus menerus memancingnya untuk berbuat itu.

Pernahkah tersirat dibenak kita sebuah impian indah tentang alam yang tiada kemarahan, tentang alam yang tanpa bencana, tentang alam yang begitu tenang. Saya yakin semua membayangkan dan menginginkannya. Bahkan mereka yang sering merusaknya. Ibarat tidak seorang malingpun yang bercita-cita ingin masuk neraka. Setiap manusia dibumi selalu menginginkan masuk kesurga, siapapun dia.

Dari tulisan diatas saya mencoba mengajak semua yang membaca tanpa ada maksud mengurui agar senantiasa kita mencoba menyatu dengan alam. Agar alam juga senantiasa baik terhadap kita. Karena Insya Allah saya termasuk dalam sebagian dari manusia yang menjadi korban atas sebagian manusia yang lain yang selalu merusak keseimbangan alam.

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Sehingga segera mungkin kita bisa menyadari kekurangan kita dalam memperlakukan alam ini. Dengarkan sebuah lagu bersyair puisi milik Ebiet G Ade. Disana anda akan mendengar sebuah kepiluan saat alam sudah tidak bersahabat dengan kita.

Mari kita jaga alam titipan yang Kuasa ini dengan sebaik-baik. Tidak banyak yang harus kita lakukan hanya sekedar berbuat baik saja dengan alam.imagesimagesimages

Antara Alam Semesta dan Mahluk yang bernama Manusia

alam Allah SWT telah memberikan aturan-aturan dalam hidup setiap hambaNya baik secara vertikal maupun horisontal, hubungan antara manusia langsung dengan Sang Maha Hidup dan hubungan manusia dengan Alam sekitarnya. Aturan-aturan itu diwahyukan-Nya melalui beberapa RosulNya yang memang ditugaskan untuk mensiarkan hal tersebut (Aturan Hidup).

Beberapa mahluk berjalan menuruti aturannya. Tumbuh-tumbuhan hanya akan hidup bila alam dan lingkungan mendukung terhadap perkembangannya, seperti pohon teh hanya akan hidup di dataran tinggi yang dingin kalau pun ada teh tumbuhan di dataran rendah yang memiliki panas yang cukup kuat maka akan dilakukan penyesuaian suhu dengan dataran tinggi.  Itu kalau ada.  Ini hanya contoh kecil mungkin. Masih banyak lagi contoh yang  nggak mungkin saya sebutkan disini.

Adalah mahluk yang bernama “Manusia” yang dalam Al-Qur’an disebutkan mahluk paling sempurna.  Baca Q.S At Tiin ayat 4 dijelaskan bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna. ”Sungguh telah kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” Artinya ayat tersebut mengisyaratkan bahwa secara fisik, jelas kesempurnaan telah Allah berikan kepada kita sebagai manusia. Dalam sebuah hadits pun Rasulullah SAW menerangkan : ”Sesungguhnya aku diutus ke dunia untuk menyempurnakan akhlak” (Al Hadits). Dari hadits ini Rasulullah SAW mengisyaratkan bahwa setelah Allah menyempurnakan fisik kita, melalui Rasul-Nya Allah memberikan kesempatan pada kita untuk menyempurnakan akhlak kita baik akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama dan juga akhlak kepada alam semesta.

Namun karena manusia memiliki kecenderungan menuruti hawa nafsunya, maka mereka sering kali melanggar aturan-aturan yang telah dibuat untuk alam semesta. Memang tidak semua manusia memiliki sifat yang sama ada sebahagian dari mereka yang juga memiliki akhlak yang lebih baik antara mereka dari takaran manusia. Bahkan sebahagian itu sering kali memperingkatkan. Dan mereka yang diperingatkan mengikutinya. Akan tetapi sesaat kemudian lupa atau sengaja melupakannya. Itulah manusia kadang dia menuruti untuk kembali ke jalan Allah. Hal ini terjadi jika nafsu lunaknya bekerja. Tetapi kala nafsu tidak lagi bisa diajak berembug dan manusia sudah keluar dari aturan dan tatanan yang berlakukan oleh Allah SWT, siapa lagi yang akan memberikan peringatan..?? Bila kita  berada dijaman kenabian sebelum munculnya nabi Muhammad maka Allah akan menurunkan wahyu-wahyunya untuk memperingatkan kita. Namun kita berada dijaman dimana sudah tidak ada lagi nabi muncul dipermukaan bumi ini karena memang Rosulullah SAW merupakan Nabi sekaligus Rosul terakhir yang diperintah Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia dimuka bumi ini.

Nah sekarang apa yang harus kita lakukan dengan kondisi kita saat ini..?? jawabannya ada dalam al-qur’an karena memang itu Wahyu yang diturunkan dari langit melalui Rosulullah SAW. Bila mana mahluk yang bernama manusia menjalankan apa yang ada dalam al-qur’an dengan sebenar-benarnya niscaya alam semesta ini akan tetap bersahabat dengan kita. Nabi besar Muhammad SAW datang dengan mengemban misi yang sangat akbar yakni men-sejalankan manusia dengan alam semesta.

Dalam Surat Al-Hajj ayat 18. Allah berfirman yang Artinya :

“Apakah kamu tidak mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada dilangit, di bumi, matahari, bulan, bintang-bintang, gunung-gunung, pohon-pohonan, hewan-hewan yang melata dan sebagian besar daripada manusia ? dan diantara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya…..”

Dari penggalan ayat diatas kita ketahui bahwa seluruh mahluk dimuka bumi ini tunduk dalam aturan Ilahi Robbi namun untuk mahluk yang bernama manusia hanya sebagian yang tunduk kepada aturan Allah SWT dan sebagian yang lainnya bahkan telah ditetapkan akan menerima azab. Semestinya seluruh manusia dibumi ini harusnya tunduk dengan aturan Allah SWT agar tidak ada jurang pemisah antara alam dan manusia. Yang lebih berpotensi menciptakan jurang pemisah antara alam dan manusia adalah tingkah laku yang penuh kemaksiatan. distu pihak ada benda-benda mati, tumbuh-tumbuhan, binatang-binatang yang senatiasa bertasbih, bersujud, dengan khusyuknya. sementara manusia menjadi pihak lain yang membangkang. Itulah tugas yang diemban Rosulullah SAW.

Dan kini tinggal kembali kepada kita akan kita mengikuti apa yang ada dalam nafsu kita atau mengikuti aturan main dalam hidup yang telah dituangkan penuh dalam Al-Quran..??

Jawabannya ada pada diri kita masing-masing..

Sumber : Al-Qur’an, Buku Mukjizat Mutiara Kepribadian Rosulullah SAW karya: M. Mutawalli Asy-Sya’rawi dan M. Farid Barakbah

Rosulullah SAW, Tiada Yang Lebih Tinggi Darinya Kecuali Allah

Muh1

Judul tersbut diatas sudah saya coba ganti beberapa kali namun agak susah mencari kalimat yang tepat untuk itu.  Mungkin sebahagian dari anda sudah mengetahui tentang kedudukan Rosulullah Muhammad SAW. Dalam tulisan ini saya hanya ingin mempertegaskan lagi khususnya buat saya pribadi dan mungkin buat anda yang sedang membaca.

Kita ketahui Rosulullah SAW terlahir dalam keadaan yang sangat memilukan. saat masih dalam kandungan beliau sudah ditinggal ayahnya (meninggal dunia). Begitu lahir sang ibu Aminah pun pergi meninggalkannya menghadap yang kuasa. Beliaupun hidup dengan sang kakek . Ketika berusia 6 tahun sang kakekpun menyusul kepergian kedua orang tua beliau.

demikian sekilas kehidupan Nabi Muhammad yang saya yakin anda sudah mengetahuinya. Tapi yang lbih perlu kita tahu, meski bermula dari kehidupan yang pilu bahkan menyedihkan namun Rosulullah SAW adalah satu-satunya manusia dibumi ini yang memiliki kedudukan paling tinggi dimata Allah SWT. Bahkan dibandingkan dengan rosul Allah yang lain.

Satu bukti otentik tentang kedudukan Rosul Muhammad adalah dari beberapa Kalimat dalam Al-qur’an :

“Faqulnaa yaa aadamu inna haadzaa ‘aduuwullaka wa lizawjika….”

artinya : Maka kami berkata : ” Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi istrimu…” (QS. Thaha : 117)

Surat ini ditujukan kepada Nabi Adam AS.  Pada kata ulukan (panggilan) Allah menyebutkan nama “Hai..Adam”.

Pada ayat yang lain masih di surat yang sama :

“Falammaa ataahaa nuudiya yaa muusaa. Innii anaa robbuka…”

Artinya : Maka ketika ia datang ke tempat api itu ia di panggil : ” hai Musa, sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu…”

Kembali kita jumpai Allah SWT memanggil sebutan nama untuk NAbi Musa AS.

Namun Ketika Allah ingin memanggil kekasih agungNya yang tak lain Rosulullah SAW. tidak pernah Dia (Allah) memanggil dengan “Ya Muhammad” atau dengan “Ya Ahmad”. Allah begitu memuliakan Beliau Nabi Muhammad SAW dengan panggilan yang begitu indah “Ya ayyuhan nabiyyu..”. Hal telah membuktikan begitu cinta Allah kepada RosulNya begitu Agung Nabi Muhammad dimata Allah.

Satu bukti yang lain yang membeda nabi Muhammad dengan manusia dibumi ini adalah. Allah SWT didalam setiap sumpahnya selalu menyebutkan demi watu, binatang, tumbuhan dan benda mati atau sebangsa malaikat. Tetapi Allah tidak pernah bersumpah demi mahluknya dari jenis manusia, kecuali Nabi Muhammad SAW.

“La’umruka innahum lafii sakrotihum ya’mahuun”

artinya : Demi umurmu (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesetanan)” (QS : Al-Hijr : 72)

Satu lagi kita sangat mengetahui jika Allah SWT memberikan satu penilaian terhadap sifat hambanya pasti Dia (Allah) memberikan penilaian yang sangat tepat dan akurat.  seperti dalam firmannya :

“wa innaka la’alaa khulukin ‘adhiim”

Artinya : Sesungguhnya kamu berbudi pekerti yang agung (QS: Al-Qalam: 4)

Ukuran pengertian budi pekerti (Akhlaq) diatas pastinya berbeda dengan takaran pengertian budi pekerti antara manusia dan manusia. Hal inilah yang membedakan Akhlaq yang dimiliki Rosulullah Muhammad SAW dengan manusia dibumi ini karena takarannya berbeda.

Semoga ini bisa menjadi satu bacaan yang bermanfaat bagi anda. dan tunggu tulisan berikutnya.

Sumber bacaan : –   Al-Qur’an, Buku Muk jizat Mutiara Kepribadian Rosulullah SAW Karya : M Mutawalli Asy-Sy’ rawi dan M Farid Barakbah

Tahu Kriyes

tahuNah kali ini saya ada resep paling gampang buat kamu yang besok pagi mau sarapan gampang…

Namanya tahu kriyes… tapi kamu juga boleh kok kasih nama sendiri… hehehe

bahan-bahannya antara lain :

  1. Tahu coklat 10 biji…
  2. Putih telur 1 butir aja….
  3. Tepung Terigu 1/4 kg cukuplah
  4. bumbu masak deh terserah selera ya
  5. sedikit garam
  6. Minyak Goreng seperlunya
  7. udah jangan banyak bahan tar mahal

Cara ngeramunya   :

  1. Campurkan bumbu masak kedalam tepung terigu berikut sedikit garam
  2. Tiriskan air yang terkandung dalam tahu hingga sedikit kering
  3. Pecah telur dan ambil putihnya saja yang kuning kalian telen aja sayang kan…hihihihi
  4. Siapkan wajan dan isi minyak ukuran biar tahu tengelam ya..
  5. Begitu minyak panas..(jangan coba pake tangan ya kecuali kalian dah belajar sama bayu gendeng ga papa) celupkan tahu kedalam telur dan gulingkan dia biar bergumul didalam tepung lalu angkat dan sreng masukan ke penggorengan…satu demi satu hingga kuning keemasan
  6. begitu berwarna coklat keemasan tandanya tahu mulai masak…
  7. siap deh dihindangkan….
  8. Simpelkan……
  9. langsung sikat bleh….kala masih panas nikmat…..

selamat mencoba ya….

hihihihi jadi seneng nulis masakan nih…ga jelas….ga papa lah…ya bagi pengalaman kala kost dulu….

Mujaher Asyik

muj
Mujaher Asyik

Masakan murah tapi mantap
ini satu resep mudah dan murah…
Mujaher Asyik ala Kost-an
Bahan-bahan :
1. Mujaher seger
2. Garam secukupnya
3. bawang putih secukupnya
4. cabe rawt secukupnya
5. cabe merah secukupnya
6. jeruk sambel/pecel
7. Penyedap Rasa apa aja dikit aja ya…
cara masak…..:
  1. Racik bumbu yang ada dan goreng didalam wajan berisi minyak panas
  2. Setelah beraroma mantap masukan mujaher yang dah disiangi
  3. Sambil menunggu matang kita siapkan proses pembuatan sambal…
  4. Begitu dah selesai kita goreng ap2u mau pedes mau ga tapi sarannya jangan pedes-pedes tar mencret…(hihihi)
  5. Nah setelah sambal siap dan mujaher dah mateng siapkan tempat boleh piring boleh cobek terserah sepantasnya aja…. sambal dibawah dan ikan diatas setelah itu tekan mujaher
  6. Nah sekarang ambil nasi dan …. wow kamu bisa masak..

Selamat nyobain ya….

semoga bermanfaat….

Kita dan Bencana

93 g1

gempa 1 gempa

Andai hal diatas menimpa pada diri kita…..!!

apa yang akan kita lakukan..?

Andai salah satu keluarga kita ada diantara mereka..?

apa rasa yang saat ini hadir dalam benak anda..?

sudahkah anda siapkan diri bilamana itu semua terjadi..?

Desa Aia Menjadi Kuburan Massal



Sekitar 400 orang tertimbun tanah yang longsor akibat gempa berkekuatan 7,6 SR yang melanda Padang Pariaman. tepatnya di desa Aia kecamatan Tandidek kab. Padang Pariaman.

Menurut kepala pusat penanggulangan krisis Rustam Panaya setidaknya 400 orang yang diperkirakan hadir dalam pesta pernikahan tersebut tewas ditelan bumi akibat gempa yang bergetar beberapa puluh detik itu. Dusun Pulau Aia sudah rata dengan tanah.

Rustam memperkirakan, ke-400 orang tersebut tertimbun hingga puluhan meter ke bawah. Mengutip salah satu petugas, Rustam mengatakan, Pulau Aia tersebut memiliki masjid dengan total ketinggian 30 meter. Kini, masjid tersebut tidak terlihat sama sekali. Pernyataan Rustam ini sekaligus mengoreksi pemberitaan bahwa jumlah korban tewas di Pulau Aia mencapai 44 orang. Pulau Aia merupakan satu dari tiga desa yang ambles ke dalam tanah akibat gempa. Dua desa lainnya adalah Cumanak dan Lubuk Laweh. Jumlah korban tewas di Cumanak dan Lubuk Laweh adalah 69 jiwa dan 132 jiwa.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.